Ubuntu Layar Sentuh Untuk Netbook

Telah dirilis Ubuntu 10.10 bagi netbook, desktop dan server. Menurut kabar yang beredar, Ubuntu versi ini akan memiliki fitur layar sentuh di Netbook dan terdapat pula tampilan baru yang bernama Unity.

Tampilan Unity ini memang didesain untuk Netbook. Dengan ini, Unity lebih menyederhanakan opsi-opsi pada tampilan Ubuntu menjadi ikon-ikon yang mudah diakses dengan sekali sentuh.

Menurut Vice Presiden Canonical Steve George, ide ini berawal dari mengawinkan antara iPad dan perangkat Palm zaman dahulu yang hadir dengan gestur stylus.

George menjelaskan, "Jika anda memiliki perangkat layar sentuh dan dapat menjalankan aplikasi menggunakan mode sentuh tiga jari, para pengembang pun dapat menggunakan beberapa library gestur tersebut".

"Saya berharap dengan informasi ini, perangkat baru berbasis Ubuntu Light Edition juga segera hadir di pasaran. Pasalnya hal ini unity telah tersedia bagi OEM semenjak Mei lalu," tambahnya.

Canonical selaku perusahaan yang bekerja dengan komunitas open-source untuk menghadirkan Ubuntu berjanji saat diluncurkan nanti, Ubuntu Light bakal menjanjikan kecepatan bagi penggunanya. Mereka mengklaim, hanya butuh waktu di bawah 10 detik untuk membuka browser dan menjalankannya. Betapa mudahnya fasilitas yang diberikan.

5 komentar:

Admin mengatakan...

pengen nyoba ah ubuntu sekali-kali...

Argha Haykal mengatakan...

coba bos, banyak yang bilang linux aman dari virus, dan direkomendasikan untuk orang yang bergelut di jaringan.

affanibnu mengatakan...

wah, joss banget nih, 10.10, namanya juga bagus..
*ane dulu pengguna 10.4, tapi kuang joss

Argha Haykal mengatakan...

postingan sesuai dengan hari ini ya sob
haha

berliana catur mengatakan...

kereeeeeeennnn

Posting Komentar