Lima Hacker Kriminal Sepanjang Masa

Hacker-hacker di bawah ini merupakan hacker yang telah ditahan dengan tuduhan kriminal. Beberapa dari mereka melakukan aksinya untuk mencari uang, sisanya hanya untuk iseng.

Kevin Mitnik mungkin hacker yang paling terkenal sejagad. The Department of Juctice AS menjulukinya sebagai “buronan kriminal komputer terbesar dalam sejarah AS”. Aksinya sempat difilmkan: “Take Down” dan “Freedom Downtown”. Aksinya mula-mula hanya meng-hacksystem kartu otomatis di bis Los Angeles agar dia dapat bepergian gratis. Kemudian Mitnik merupakan orang pertama yang diburu karena meng-hack dan masuk ke jaringan komputer dan mencurisoftware Digital Equipment Corporation. Dia sempat tidak diketahui keberadaannya selama 2,5 tahun. Kejatuhannya berawal ketika dia sedang meng-hack komputer milik temannya sendiri yang juga seorang hacker ternama, Tsutomu Shimomura.

Mitnik telah sadar dan menjadi anggota masyarakat yang produktif. Setelah menjalani 5 tahun 8 bulan di pengasingan, Mitnik sekarang menjadi seorang ahli keamanan komputer, konsultan dan pembicara.

Adrian Lamo, yang sempat menjebol perusahaan besar seperti Microsoft dan The New york Times. Dia menggunakan koneksi internet dari café-café, Kinko dan perpustakaan. Lamo mendapat julukan “The Homeless Hacker”. Dia sering menemukan celah pada software-software ternama dan kemudian menjebolnya. Karena ulahnya menjebol jaringan The New York Time, dia menjadi incaran teratas pihak keamanan dan diharuskan membayar US$. 65.000 sebagai ganti rugi. Sebagai tambahan, Lamo diganjar hukuman 6 bulan dan 2 tahun percobaan. Sekarang Lamo menjadi jurnalis ternama dan pembicara seminar.

Jonathan James, pada umur 16 tahun sudah menjadi hacker termuda yang dijebloskan ke penjara karena aksi hacking-nya. Aksi terbesarnya adalah menjebol Defense Threat Reduction Agency, yang merupakan cabang dari departemen keamanan AS. Dia mampu mencuri user name dan password dan melihat email-email rahasia. Dia juga menjebol system NASA dan mencuri software seharga US$. 1.7 juta.

Pihak keamanan AS mengatakan bahwa software yang dicuri James berkaitan dengan stasiun ruang angkasa internasional termasuk pengaturan suhu dan kelembaban di ruang angkasa. Karena ulahnya itu, NASA harus menutup semua jaringan komputernya dengan biaya US$. 41.000. Saat ini James menjadi ahli komputer kenamaan di perusahaan-perusahaan besar.

Robert Tappan Morris, merupakan anak dari ilmuan ternama Robert Morris dari NSA. Dia menciptakan worm Morris yang merupakan worm pertama yang menyebar melaluai internet. Robert menciptakan worm itu hanya untuk mengetahui seberapa besar dunia internet pada masa itu. Worm ini kemudian mereproduksi dirinya tanpa bisa terkontrol, mematikan ribuan komputer sampai benar-benar tidak bisa berfungsi lagi.

Robert sekarang menjadi professor di MIT Computer Science and Artificial Intelligent Laboratory. Fokusnya adalah arsitektur computer dan jaringan.

Kevin Poulsen, lebih dikenal dengan Dark Dante. Mengawali aksinya dengan menjebol jaringan radio Los Angeles KIIS-FM, membuatnya mendapatkan sebuah mobil Porsche. FBI memburu Poulsen karena menjebol data base FBI dan computer federal untuk informasi penyadapan. Dia jago dalam meng-hack jaringan telepon dan ditangkap di sebuah supermarket kemudian diganjar hukuman 5 tahun. Sejak ditahan Poulsen bekerja sebagai seorang jurnalis dan dipromosikan menjadi editor senior di sebuah Koran terkemuka, Wired News. Artikel populernya adalah mengidentifikasi tertuduh 744 pelecehan seksual di profile my-space.

0 komentar:

Posting Komentar