Jangan Sembarangan Posting di Facebook!

Hati-hati mengeluarkan pendapat di Facebook, baru-baru ini seorang pria asal Montreal, Kanada ditangkap karena mengancam akan meledakan gedung parlemen di Facebook. Pejabat setempat yang mengetahui ancaman tersebut pun langsung melaporkan ke polisi.

Seperti yang saya baca di detikINET, pria berusia 41 tahun itu bernama Martin Levesque. Ia bekerja di sebuah kios daging di Pointe-Claire, Kanada.

Levesque ditangkap ditangkap setelah dilacak aktivitas online-nya selama satu minggu. Pria tersebut menjadi orang yang ke sekian kalinya ditangkap karena usil di situs jejaring yang sedang naik daun itu. Tak hanya ditangkap, Levesque juga dilarang memiliki komputer dan juga dilarang menggunakan internet untuk keperluan apapaun, kasihan sekali orang itu.

Sebelum Levesque, polisi juga menangkap seorang pria berumur 28 tahun, David Abitbol. Ia diduga telah memposting ancaman kematian di Facebook. Abitbol atau biasa dikenal Dark Killer mengatakan, yang ia lakukan hanyalah lelucon dan untuk kesenangan pribadi. Namun pihak kepolisian menilainya berbeda.

Abitbol diberitakan masih berada dibalik jeruji setelah komentarnya yang diposting mengenai mantan guru sekolah dasar nya beserta seluruh teman sekelasnya diketahui oleh kepolisian setempat.

Oleh karena itu, berhati-hatilah kita dalam menggunakan situs jejaring sosial karena sedikit saja pernyataan kita yang mengganggu keresahan khalayak, bisa-bisa membuat kita berada dibalik jeruji. Kalau kesal atau geram dengan seseorang, ya sindir aja lah. Jangan sebutkan namanya, apalah pernyataan kita jelas betul untuknya.

4 komentar:

Jay (marjikun) mengatakan...

waduh... harus hati2 ya...hhehehehe
aku juga pernah ngancam bakan ngebakar kampus lewat FB gara2 nilai aku banyak yang gak keluar... Untung gak dibaca yang ma pihak kampus... hhohohohohoho....

http://marjikoen.blogspot.com/

Penghuni 60 mengatakan...

betul bgt sobat, hati2, apalagi kalo soal identitas, mendingan jgn pake yg asli deh...

tp, aku sih gak punya fb kok..
:D

SyahidaComputer mengatakan...

Betul shob .. menurut ane posting apa aja yang bisa diakses oleh umum, lebih baik hati-hati. tidak hanya FB.

tambelan mengatakan...

Setuju banged... intinya harus berhati-hati. Karena di facebook mudah sekali dilacak. Untuk hal-hal sensitif sebaiknya lebih dijaga privacy.

Posting Komentar