Karena Komputer, Pria Inggris Temukan Planet Baru

Orang akan mengerahkan berbagai upaya untuk sesuatu yang sangat diminatinya. Seperti yang dilakukan Peter Jalowiczor, karena tidak memiliki teleskop, pecinta Astronomi asal Inggris ini memanfaatkan dua unit komputer untuk menemukan empat planet asing.

Jalowiczor menuturkan dirinya menggunakan dua unit komputer di rumahnya dan menghabiskan waktu selama tiga tahun menganalisa data yang dirilis Lick-Carnegie Planet Search Team, University of California di Santa Cruz, California.

Jalowiczor yang merupakan karyawan kantoran biasa ini, memanfaatkan Doppler spectroscopy, yakni sebuah metode spektroskopi untuk menemukan planet di luar tata surya.

"Saya mengamati perubahan dalam perilaku bintang yang hanya disebabkan oleh planet yang mengorbit di sekitar mereka. Ketika saya mengidentifikasi kandidat planet baru, saya langsung mengirim detail informasi kandidat tersebut ke Santa Cruz," terang Jalowiczor.

Berkat ketekunannya, Jalowiczor pun diganjar penghargaan. Empat planet yang berhasil ditemukan olehnya diberi nama HD31253b, HD218566b, HD177830c, dan HD99492c.

0 komentar:

Posting Komentar